Ahad 01 Apr 2012 19:46 WIB

Keraton Gelar 100 Tahun Sri Sultan HB IX

Rep: Yoebal Rasyid/ Red: Hafidz Muftisany
Sri Sultan Hamengku Buwono IX
Foto: hajingfai.blogspot.com
Sri Sultan Hamengku Buwono IX

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- 100 Tahun Almarhum Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang jatuh pada tanggal 12 April 2012 nanti akan diperingati melalui kegiatan ''Pengetan 1 Abad Hemengku Buwono IX'', yang akan digelar di Alun-alun Utara.

Acara akan diisi dengan berbagai bentuk kesenian seperti seni tradisional gedg lesung, angguk, pentas seni partisipasi siswa SD/SMP/SMA, dan pentas seni partisipasi perguruan tinggi/asrama daerah di DI Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut, Raja Kraton Yogyakarta saat ini, Sri Sultan HB X, juga akan menyampaikan orasi budayanya. Selain itu juga akan ada pentas budaya yang dibawakan oleh tim kesenian Kyai Kanjeng.

Penitia acara ini dipimpin GBPH Joyokusomo, salah seorang putra Sultan HB IX. Dalam siaran persnya, Joyokusumo  mengatakan acara ini digelar dalam rangka mengenang, menghormati, sekaligus juga untuk menggali nilai-nilai keteladanan almarhum Sultan HB X.

Sehari sebelum puncak acara, tanggal 11 April juga akan dilakukan jiarah ke makam Sultan HB IX di Komplek Makam Raja-raja Mataram di Astono Saptorenggo, Imogiri, Bantul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement