Jumat 23 Mar 2012 17:49 WIB

Libur Panjang, Hotel di Sukabumi Ludes Dipesan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
ilustrasi
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Long Weekend atau liburan panjang pekan ini yang dimulai hari ini, Jumat (23/3), membuat tingkat hunian hotel di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat naik hingga 20 persen. Hotel-hotel pun ludes dipesan warga Jakarta dan sekitarnya.

"Saat ini tingkat hunian mencapai 40 persen," terang Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sukabumi, Dadang Hendar, kepada Republika. Padahal, pada akhir pekan biasa tingkat hunian hanya sekitar 20 persen saja dari total keselurahan kamar yang tersedia.

Diterangkan Dadang, kebanyakan pengunjung memilih menginap di hotel sebelah selatan Sukabumi. Para pengunjung mayoritas berasal dari Jakarta, Bogor, dan daerah sekitarnya. Mereka menghabiskan liburan panjangnya dengan menikmati keindahan Pantai Palabuhanratu.

Di sisi lain, jumlah pengunjung ke tempat penginapan di obyek wisata pegunungan utara Sukabumi hanya naik sepuluh persen. "Kebanyakan pengunjung dari Jakarta lebih memilih ke Puncak," tutur dia.

Dari data Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sukabumi diketahui, jumlah hotel, villa, maupun cottage di Kabupaten Sukabumi mencapai sebanyak 120 unit. Sementara jumlah kamar yang tersedia sebanyak 5 ribu kamar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement