Kamis 22 Mar 2012 10:52 WIB

IKPM Gontor Gelar Silatnas di Cirebon

Rep: Damanhuri Zuhri/ Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Ponorogo, Jawa Timur akan menggelar acara Silaturahim Nasional (Silatnas) di Cirebon Jawa Barat. Menurut Dr M Tata Taufik, ketua panitia, Silatnas IKPM akan berlangsung 23-25 Maret 2012.

''Silaturahim nasional alumni Pondok Modern Gontor  ini merupakan silaturahim ke-7 setelah sebelumnya dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Amin Prenduan Madura beberapa tahun lalu. Pada kesempatan tersebut IKPM Cirebon ditunjuk jadi penyelenggara berikutnya dengan memilih lokasi keraton kasepuhan Cirebon sebagai tempat pelakanaan,'' tandas Tata kepada Republika Kamis (22/3).

Doktor Komunikasi Islam ini lebih lanjut menjelaskan, pemilihan Keraton sebagai tempat pelaksanaan silatnas, karena para pendiri Pondok Modern Gontor merupakan keturunan dari keluarga keraton. ''Dengan demikian diharapkan terjalin silaturahimi antara keluarga besar keraton dengan keluarga besar Gontor termasuk para alumninya,'' jelas Tata menambahkan.

Tata lalu mengungkapkan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan silatnas tersebut, antara lain untu mempererat ukhuwah islamiyah sesama warga IKPM (alumni pondok modern Gontor), membuat database alumni Gontor dan pemetaan potensi alumni Gontor dalam berbagai sektor, membuat asosiasi profesi alumni Gontor sebagai lembaga konsultasi bagi warga IKPM serta merumuskan langkah bersama untuk membangkitkan Keraton Kasepuhan Cirebon sebagai pusat syiar islam.

Sedangkan target yang ingin diraih dari kegiatan tesebut, melanjutkan silaturahmi antara warga IKPM dengan Keraton Kasepuhan Cirebon, mewujudkan pendirian perguruan tinggi Islam bersama Keraton Kasepuhan dan terbentuknya organisasi profesi atau  lembaga fungsional alumni Gontor.

Sejumlah tokoh direncanakan menghadiri acara tersebut. Antara lain, Menteri Agama RI  Surya Darma Ali, wakil ketua MPR RI Lukman Sefudin, Dr KH Abdullah Syukri Zarkasyi MA dan KH Hasan Abdullah Sahal (pimpinan pondok). Dari kalangan alumni, Prof Dr Din Syamsuddin, ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Dr Hidayat Nur Wahid MA, mantan Ketua MPR RI dan kini calon Gubernur DKI Jakarta serta Dr Zulkifli Muhadli, Bupati Sumbawa Barat.

Selain mereka, juga bakal hadir alumni gontor lintas angkatan dengan berbagai profesi yang menyebar di seluruh nusantara, termasuk beberapa alumni dari negara tetangga seperti Brunei Darussalam dan Malaysia yang telah mengkonfirmasi kehadirannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement