Senin 19 Mar 2012 11:18 WIB

Sekjen PBB Berkunjung ke Indonesia, Hari Ini

Ban Ki Moon
Ban Ki Moon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen PBB Ban Ki-Moon akan melakukan kunjungan resmi ke Indonesia pada 19 – 21 Maret 2012. Kunjungan ini dilakukan atas undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan untuk menghadiri The Second Jakarta International Defence Dialogue (JIDD II). Dalam kunjungan ini, Sekjen PBB akan didampingi oleh istri, Ibu Ban Soon-taek, serta sejumlah pejabat tinggi Sekretariat PBB.

"Kunjungan Sekjen PBB ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kerja sama Indonesia dan PBB di berbagai bidang, termasuk dalam memastikan keberhasilan Indonesia memenuhi target pencapaian Millenium Development Goals (MDGs)," kata Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, dalam pernyataannya, Senin (19/3).

Dikatakannya, kehadiran Sekjen PBB di IPSC diharapkan dapat memberikan informasi langsung terkait perkembangan terkini dari Operasi Penjagaan Perdamaian PBB. Tak hanya itu, kunjungan ini memberi peluang pada Ban Ki-Moon untuk melihat secara langsung kesiapan pemerintah Indonesia dalam mendorong peningkatan kualitas petugas penjaga perdamaian Indonesia. "Hal ini penting untuk mewujudkan visi 4.000 Indonesian Peacekeepers di UN Peacekeeping Operations.”

Menurut rencana, pada 20 Maret 2012, Sekjen PBB dan Presiden SBY melakukan pertemuan bilateral di Istana Bogor dan selanjutnya akan mengunjungi International Peace and Security Centre (IPSC) di Sentul, Bogor. Selama di IPSC Sekjen PBB akan menyampaikan pidato dengan tema UN Peacekeeping: Challenges and Opportunities for Indonesia, the Region and Beyond.

Sekjen PBB juga telah dijadwalkan untuk menyaksikan demo dari delapan Satuan Tugas di IPSC, yakni Satuan Tugas Kesehatan (Medical Evacuation), Satuan Tugas Kompi Zeni, Satuan Tugas POM (Pengaturan Lalu Lintas), Peninjauan Sarpras, Military Observers, Satuan Tugas Batalyon Mekanis (Patroli), Satuan Tugas Force Protection Company (Fix Guard), dan Cimic Smart Car (Mobil Pintar).

Selanjutnya, pada tanggal 21 Maret 2011, Sekjen PBB dijadwalkan akan menghadiri The Second Jakarta International Defence Dialogue (JIDD II). Dalam forum yang akan dibuka secara resmi oleh Presiden SBY, Sekjen PBB akan memberikan pidato dengan tema The UN and Global Security: Collaboration and Partnership.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement