Jumat 16 Mar 2012 10:10 WIB

Awas... Jam 8 Pagi Waktu Paling Rawan Tertabrak

Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Berdasarkan hasil survei perusahaan asuransi di Inggris, jam 08:38 pagi adalah waktu yang paling sering terjadi pejalan kaki ditabrak kendaraan.

Seperti dikutip mailonline, selain jam 08:38, pejalan kaki juga paling rawan dihantam kendaraan bermotor pada pukul 18:22  malam.

Survei tersebut menyimpulkan kecelakaan terjadi karena pejalan kaki pada saat itu tidak memperhatikan keadaan sekeliling. Mereka justru asyik menelepon, SMS, BBM, chatting, berselancar di dunia maya, internetan, main game, twitteran atau FB-an sehingga tidak sadar bila ada kendaraan mendekat.

Menurut temuan itu, satu dari setiap sepuluh penyeberang jalan sibuk dengan ponselnya, padahal seharusnya mereka fokus melihat jalanan di kiri-kanan. Bahkan, satu dari setiap delapan pejalan kaki tidak memutus telepon saat menyeberang jalan.

Di sisi lain, satu dari setiap lima pengemudi juga asyik dengan ponselnya saat berkendara, padahal mereka seharusnya hanya fokus ke jalan di depan.

Riset tersebut dilakukan dengan menghubungi seribu responden dan menggabungkannya dengan temuan dari tim riset yang disebar di berbagai penjuru Inggris seperti London, Birmingham, Glasgow, Cardiff dan Manchester.

Presiden perusahaan Asuransi AA, Edmund King, mengemukakan, makin banyak klaim asuransi dari para pengemudi yang menyebut kecelakaan terjadi karena pejalan kaki asyik dengan ponsel dan tidak sadar ada kendaraan melaju di dekatnya.

"Kita tidak bisa menghentikan kemajuan teknologi, tapi saat kita dalam perjalanan dan mengggunakan peralatan genggam, otak kita tidak bisa konsentrasi sekaligus pada berbagai hal. Artinya, saat menyeberang, kita tidak mendengar suara kendaraan yang datang."

sumber : Antara/Mailonline
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement