Jumat 09 Mar 2012 09:04 WIB

Ketua 'Mafia Berkeley' Indonesia Itu Wafat

Rep: Indah Wulandari/ Red: Dewi Mardiani
Prof Dr Widjojo Nitisastro
Foto: wikipedia
Prof Dr Widjojo Nitisastro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Prof Dr Widjojo Nitisastro meninggal dunia, Jumat (9/3), pukul 02.25 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, karena sakit, tadi dalam usia 84 tahun. Setelah disemayamkan di rumah duka, jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata sore nanti.

"Prof Widjojo meninggal sekitar pukul 02.20 WIB," ujar juru bicara UI, Devie Rahmawati. Rencananya setelah disemayamkan di rumah duka di Bukit Golf Utama PE 3, Pondok Indah, Jakarta Selatan.  Jenazah almarhum akan diberangkatkan ke Masjid Sunda Kelapa sekitar pukul 10.30 WIB.

Usai sholat Jumat atau sekitar pukul 13.30 WIB hingga 15.00 WIB, jenazah disemayamkan di Gedung Bappenas. Barulah diadakan serah terima kenegaraan. Upacara pemakaman kenegaraan di TMP Kalibata diperkirakan berlangsung pukul 16.30 WIB.

Pria kelahiran Malang, Jawa Timur ini dikenal sebagai arsitek utama perekonomian orde baru. Ia sempat diangkat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional periode 1971-1973 dan Menko Ekuin sekaligus merangkap sebagai Ketua Bappenas pada periode 1973-1978 dan 1978-1983.

Widjojo sering dianggap sebagai pemimpin Mafia Berkeley, julukan yang diberikan kepada sekolompok menteri bidang ekonomi dan keuangan yang menentukan kebijakan ekonomi Indonesia pada masa awal pemerintahan Presiden Suharto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement