Senin 05 Mar 2012 23:25 WIB

Seskab:Pemotongan Anggaran untuk Penghematan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sekretaris Kabinet Dipo Alam membenarkan adanya pemotongan anggaran di semua kementerian/lembaga pemerintah nonkementerian sebanyak lima persen terkait dengan program penghematan pemerintah.

Dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin, Dipo menyebutkan bahwa hasil pemotongan anggaran itu akan digunakan untuk Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan juga untuk membantu masyarakat yang paling terdampak oleh penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM).

Menurut dia pemotongan lima persen anggaran kementerian/lembaga pemerintah nonkementerian itu bukan diambil dari anggaran rutin, melainkan dari anggaran beberapa pembangunan di kementerian/lembaga pemerintah nonkementerian yang bisa ditunda dua sampai lima tahun lagi.

"Ini sementara, dan berlaku untuk seluruh kementerian," ujar Dipo.

Penghematan anggaran tersebut dilakukan pemerintah sebagai langkah antipasi melebarnya defisit akibat dari asumsi-asumsi makro yang berubah. Salah satunya adalah harga minyak Indonesia (ICP) yang rata-rata harganya telah mencapai 118 dolar AS per barel.

Namun, Seskab tidak menyebut secara persis jumlah yang bisa dikumpulkan pemerintah dari pemotongan anggaran di semua kementerian/lembaga pemerintah nonkementerian itu.

Akan tetapi, menurut dia, penghematan anggaran di semua kementerian/lembaga pemerintah nonkementerian tersebut selain untuk BLSM dalam bentuk BLT, juga untuk pembangunan 173 ribu gedung sekolah yang rusak.

Dipo Alam berharap pelaksanaan pembangunan gedung sekolah itu bisa menyerap jutaan tenaga kerja.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement