Senin 05 Mar 2012 19:12 WIB

NU: Rencana Israel Serang Iran Harus Dicegah

Said Aqil Siradj
Said Aqil Siradj

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Nahdlatul Ulama (NU), organisasi sosial keagamaan Islam terbesar di Indonesia berharap semua pihak mencegah kemungkinan Israel menyerang Iran karena akan menimbulkan tragedi kemanusiaan.

"Masih bisa dicari solusi-solusi selain perang yang hanya akan menimbulkan tragedi kemanusiaan," kata Ketua Umum Pengurus Besar NU KH Said Aqil Siradj di Jakarta, Senin (6/2).

Ia menegaskan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) harus bisa mencegah kemungkinan dilaksanakannya operasi militer Israel terhadap Iran. Negara-negara dan organisasi Islam pun, kata dia, harus melakukan upaya sungguh-sungguh untuk menggagalkan rencana Israel tersebut.

"Negara-negara Islam, khususnya negara-negara Arab, jangan justru memfasilitasi Israel yang mau menyerang Iran," katanya. NU, lanjut Said Aqil, sangat menyayangkan sejumlah peristiwa penyerangan terhadap satu negara Islam, seperti Irak dan Libya, yang justru difasilitasi oleh negara-negara Islam yang lain.

"Kita berharap hal itu tidak terjadi lagi, hanya karena kepentingan tertentu satu negara Islam mendukung serangan terhadap negara Islam yang lain," kata Said Aqil. NU juga berharap agar pemerintah Indonesia dapat memainkan peran yang lebih efektif dalam mencegah rencana Israel menggempur Iran. "Kalau tidak bisa menjadi penengah, ya... harus mengambil posisi membela kebenaran," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement