Selasa 06 Mar 2012 03:06 WIB

Bahasa Gaul Menggusur Bahasa Indonesia

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dewi Mardiani
Kamus Besar Bahasa Indonesia, ilustrasi
Kamus Besar Bahasa Indonesia, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -— Pendidikan Bahasa Indonesia di sekolah formal belum menjamin seseorang menerapkannya secara baik. Pasalnya, saat ini kebanyakan masyarakat, terutama pelajar maupun mahasiswa lebih memilih menggunakan bahasa gaul yang tidak jelas. "Bertahun-tahun diajarkan di sekolah, tetap saja menggunakan bahasa yang keliru," ujar Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), Sakti Alamsyah, di sela-sela Seminar Perkembangan Bahasa Indonesia, Senin (5/3).

Ironisnya, kata Sakti, kesalahan menggunakan Bahasa Indonesia juga turut dilakukan tokoh terpandang yang seharusnya memberikan teladan. Kesalahan serupa pun banyak dilakukan para mahasiswa ketika menulis dalam karya ilmiah.

Hal itu diakui oleh Wakil Wali Kota Sukabumi, Mulyono. Menurutnya, lamanya jam pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah belum mampu menandingi pengaruh lingkungan. Pemakaian Bahasa Indonesia yang baku mulai luntur dengan bahasa gaul yang kesasar. Oleh karena itu, kata Mulyono, Pemkot Sukabumi berupaya menggugah kesadaran warga untuk berbahasa Indonesia sesuai dengan tata bahasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement