Ahad 26 Feb 2012 20:00 WIB

Delegasi Italia Serukan Hapuskan Islamphobia

Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen Hidayat Nur Wahid
Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen Hidayat Nur Wahid

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kepala Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, Hidayat Nur Wahid, mengatakan masalah Islamphobia menjadi pembahasan serius dalam Pertemuan Konsultasi Ketua Parlemen G20 ke-3 di Riyadh, Arab Saudi, Ahad (26/2). Salah satunya adalah delegasi Italia yang menyerukan penghapusan Islamphobia.

‘’Islamphobia dibahas dengan cukup serius dengan banyak pihak delegasi. Itu termasuk Italia,’’ kata Hidayat saat wawancara dengan wartawan.

Delegasi parlemen Italia, kata Hidayat, menyampaikan lewat pidato intervensinya bahwa Islam sudah menyebar kemana-mana. Karenanya, delegasi Italia menilai semua pihak jangan lagi mengedepankan Islamphobia. ‘’Kita setuju dengan pendekatan Italia ini,’’ katanya.

Hidayat pun mengatakan bahwa dialog perlu dikembangkan untuk mengoreksi kesalah-pahaman Barat tentang Islam. Persepsi yang sering mengaitkan Islam dengan terorisme, ekslusifisme, antiperadaban, antikemoderenan, dan juga antidemokrasi.

‘’Islam sebaliknya menghadirkan peradaban. Karenanya, lembaga parlemen dan anggotanya harus jadi bagian yang mendayakan demokrasi,’’ kata Hidayat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement