Jumat 24 Feb 2012 14:01 WIB

Din: Pemuda Islam, Contohlah Ahmad Sumargono

Rep: A Syalaby Ichsan/ Red: Heri Ruslan
Ahmad Sumargono
Ahmad Sumargono

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Jenazah Ahmad Sumargono selesai dishalatkan di Masjid Nurul Hidayah, Ciracas, Jakarta Timur usai melaksanakan Shalat Jumat. Mewakili kerabat, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin berharap agar pemuda Muslim mencontoh semangat Ahmad Sumargono dalam menjalankan dakwah.

"Kaum muda harus tampil sebagai Ahmad Sumargono-Ahmad Sumargono baru. Perlu kepemimpinan sebagaimana yang dicontohkan almarhum," tegas Dien saat menyampaikan sambutan, Jumat (23/2). Dien mengenang Gogon sebagai seorang tokoh yang telah mengisi sebagian besar hidupnya di jalan Allah sebagai Mujahid Fi Sabilillah.

Bahkan, tutur Din, beberapa bulan menjelang akhir hayatnya, Gogon masih menjalankan upaya untuk saling menasihati antarumat Islam. Dien mengenang bahwa Gogon datang ke Kantor PP Muhammadiyah untuk bertemu dengannya hanya dalam waktu lima menit. Dalam pertemuan singkat itu, ujarnya, Gogon berpesan agar Umat Islam bersatu dalam menghadapi keadaan bangsa seperti saat ini. "Ini menunjukkan komitmen almarhum,"ujarnya.

 

Oleh karena itu, mengingat track record almarhum hingga akhir hayatnya, Din pun menjelaskan kalau almarhum wafat dalam kondisi khusnul khatimah (mati dengan cara yang baik).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement