Rabu 15 Feb 2012 07:38 WIB

Ingin Ubah Komunitas? Bekerjalah Dengan Perempuan

Perempuan anggota DPR tengah mengikuti persidangan
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Perempuan anggota DPR tengah mengikuti persidangan

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kemajuan suatu bangsa tergantung kepada perempuan. Pernyataan itu bukanlah sekedar kata-kata. Peneliti Universitas Colorado, Amerika Serikat (AS), Dr S Revi Sterling, mengutarakan bahwa perempuan merupakan salah satu potensi besar yang terkadang tidak disadari di dunia.

"Jika Anda ingin mengubah suatu komunitas, bekerjalah dengan perempuan. Bukti empiris menyebutkan perempuan suatu kunci pembangunan masyarakat atau komunitas yang berkesinambungan," katanya di Bogor dalam pelatihan Information and Communication Technology (ICT) bagi perempuan perdesaan, Rabu (15/2).

Menurut dia, bila perempuan menguasai ICT, perubahan yang terjadi berlangsung lebih cepat. Oleh karena itu, kata dia, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menempatkan akses ICT sebagai masalah terpenting ketiga setelah kemiskinan dan kekerasan terhadap perempuan dalam perkembangan perempuan secara global.

"ICT dapat membantu percepatan pencapaian Millenium Development Goals (MDGs), salah satunya mengurangi kemiskinan dan kelaparan ekstrem dengan meningkatkan akses informasi pasar dan mengurangi biaya transaksi bagi petani atau pedagang," kata Sterling.

Pelatihan ICT itu merupakan bagian dari program promosi bagi perempuan perdesaan yang dirancang Asia Pasific Women's Information Network Center (APWNC) yang berlangsung Maret 2011 hingga Februari 2012.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement