REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG - Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (PT KAI) memberi layanan tiket modern, yakni calon penumpang dapat melakukan pemesanan dan pembelian tiket kereta api melalui internet, telepon seluler, dan mesin tiket.
"Mulai 15 Februari ini, PT KAI akan mengimlementasikan sistem tiket baru itu, khusus bagi penumpang kelas eksekutif dan bisnis," kata Kepala Humas PT KAI Divisi Regional III Sumsel, Jaka Jarkasih, di Palembang, Senin (13/2).
Dijelaskannya, dengan program tersebut calon penumpang dapat melakukan pembelian dan pemesanan tiket kereta api di stasiun atau lewat kontak center 121. Dengan sistem ini, pelanggan yang berada di Medan bisa memesan tiket KA di Pulau Jawa.
Dikemukakan Jaka Jarkasih, program tersebut diselenggarakan atas kerja sama pihak PT KAI dengan PT Telkom sebagai wujud implementasi sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Dengan pelayanan tersebut, menurut dia, berarti pihak perusahaan jasa salah satu angkutan darat itu memanjakan pelanggannya dengan sistem tiket modern.
Para pelanggan atau calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan dapat memesan tiket untuk seluruh jurusan melalui loket stasiun, agen-agen, call center, dan internet, serta ponsel, katanya.
Ia berharap perubahan sistem pemesanan tiket kereta api tersebut akan semakin mempermudah layanan bagi calon penumpang sehingga lebih nyaman karena mereka tidak perlu antre di muka loket.
Khusus melalui Stasiun Besar Kertapati (Palembang), terdapat sejumlah kereta api penumpang, yakni Limek Sriwijaya, Ekspres Rajabasa tujuan Tanjungkarang (Lampung), Sindang Marga dan Serelo tujuan Lubuklinggau, Kabupaten Musirawas pulang pergi.