Senin 06 Feb 2012 20:00 WIB

Kinerja Buruk Kejaksaan Agung Meningkat

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Djibril Muhammad
Gedung Kejagung.
Gedung Kejagung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Komisi Kejaksaan (Komjak) merilis adanya peningkatan jumlah rata-rata laporan pengaduan (Lapdu) terkait keluhan kinerja Kejaksaan Agung (Kejagung). Pada 2011, jumlah rata-rata laporan yang diterima Komjak sebanyak tiga laporan setiap harinya sedangkan selama Januari 2012, jumlah rata-ratanya sebanyak empat laporan tiap hari.

"Sejak awal bulan ini ada kenaikan jumlah rata-rata laporan yang diadukan kepada Komisi Kejaksaan. Ini sudah patut menjadi pantauan," kata Kepala Komjak, Halius Hosein yang dihubungi wartawan, Senin (6/2).

Halius memaparkan Komjak menerima sebanyak 1.159 laporan pengaduan dengan rata-rata tiga laporan tiap hari. Sedangkan selama Januari 2012, pihaknya telah menerima sebanyak 127 laporan atau dengan rata-rata empat laporan tiap hari.

Laporan yang diadukan, ia melanjutkan, bermacam-macam dari masalah mengenai dugaan adanya kongkalikong antara jaksa dengan oknum hingga masalah penahanan. Ia juga menegaskan Jaksa Agung juga harus berperan untuk mengontrol jaksa-jaksa di daerah untuk meminimalisasi laporan tersebut.

"Sebenernya pengawasan di daerah sudah berjalan. Saya sendiri belum sempat ke daerah untuk mengontrol dan melihat masalah pengawasan di sana," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement