Kamis 02 Feb 2012 21:00 WIB

Pesawat Israel Lebih Canggih Dibanding Iran

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Ramdhan Muhaimin
Pesawat pengintai Israel.
Foto: www.israeli-weapons.com
Pesawat pengintai Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah akhirnya buka alasan, mengapa memilih pesawat tempur buatan Israel ketimbang dari negara lain. Kementerian Pertahanan RI mengungkapkan, pemilihan pesawat tanpa awak (unmanned aero vehicle/UAV) buatan Israel karena kecanggihan teknologi.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhan, Brigjen Hartind Asrin mengatakan, pesawat buatan Israel sudah teruji dan canggih. Meski belum mengetahui teknis spesifikasinya, namun dipastikan teknologi pesawat tanpa awak Israel mengungguli buatan negara lain, termasuk Iran.

“Iya, pesawatnya lebih canggih daripada buatan Iran,” kata Hartind kepada Republika, Kamis (2/2).

Menurut Hartind, Kemenhan dalam menentukan pembelian pesawat tidak asal pilih. Sebelumnya, lanjut Hartind, dilakukan kajian ketat dan penelaahan spesifikasi barang sebelum memutuskan membeli pesawat tanpa awak. Bahkan, tim Kemenhan wajib melakukan kunjungan langsung ke pabrikan pesawat. Berbagai pertimbangan itu, imbuh Hartind, yang menjadi patokan tim Kemenhan sebelum memutuskan pembelian pesawat.

Disinggung pesawat tanpa awak Amerika Serikat (AS) dan Israel yang jatuh ditembak militer Iran, Hartind menegaskan kalau hal itu hanya kabar di media. Yang terjadi, ungkapnya, pesawat tanpa awak itu jatuh sendiri dan oleh tentara Iran dipelajari untuk dibuat spesifikasi pesawat tiruan yang sama. Adapun ditinjau dari teknologi, Hartind yakin pesawat buatan Israel unggul satu tingkat di atas Iran.

“Teknologi Israel itu paling hebat di dunia. Kita harus akui itu, dan kami membeli ke mereka,” terang Hartind.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement