Senin 30 Jan 2012 15:09 WIB

Anwar Ibrahim: Demokrasi Indonesia Menakjubkan

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Ramdhan Muhaimin
Anwar Ibrahim
Anwar Ibrahim

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Tokoh oposisi politik Malaysia, Anwar Ibrahim menyatakan, proses demokratisasi di Indonesia saat ini merupakan transformasi yang sangat berarti untuk masa depan Tanah Air. 

“Menurut saya, apa yang terjadi di Indonesia sangat menakjubkan,” ucap Anwar seusai menghadiri Sarasehan Nasional Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam PB (HMI) di ITB Bandung, Senin (30/1).

Anwar berpendapat, demokratisasi di negeri ini bisa berjalan dikarenakan mendapat dukungan dari berbagai pihak.  Kendati demikian, dia mengingatkan, di mana pun proses ini berlangsung pasti memiliki tantangan.

“Apakah demokratisasi mampu menciptakan pertumbuhan dan kekuatan ekonomi  yang bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat? Inilah tantangan yang sebenarnya dari proses tersebut.” tutur mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia tersebut. 

Dia yakin, Indonesia bisa mewujudkan hal tersebut sepanjang aparat di negeri ini konsisten menindak berbagai kasus korupsi secara tegas dan keras.  Harapannya, hal yang sama bisa terjadi di negerinya. Terutama soal pemilu di Malaysia, yang selama ini dikatakannya penuh dengan penipuan dan kecurangan. 

"Apa yang dilakukan UMNO (Organisasi Nasional Melayu bersatu) itu mengenyampingkan kehendak rakyat. Pemilu itu seharusnya bebas dan adil." tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement