Senin 23 Jan 2012 12:50 WIB

Tunggu Ang Pao Ratusan Warga Padati Vihara Dharma Bhakti

Rep: Nawang Fatma Putri/ Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ratusan warga tampak memadati vihara Dharma Bakti, Petak IX, Jakarta Barat, Senin (23/1). Halaman depan Vihara, yang memang cukup luas dan dapat menampung sekitar 1000 warga ini dipenuhi dengan masyarakat dari berbagai daerah.

Namun begitu, mereka datang ke Vihara ini bukan untuk bersembahyang, dalam rangka menyambut perayaan Imlek, tetapi untuk menunggu Angpao. Menurut keterangan penjaga Vihara bernama Jap, warga sudah berkumpul di depan Vihara ini sejak pukul 04.00 WIB dini hari tadi. "Sebenarnya sudah dari kemarin, mereka kumpul di depan vihara. Tapi kalau kemarin jumlahnya belum sebanyak ini," ujar Jap, saat ditemui Republika.

Walaupun kondisi di Vihara sudah penuh sesak, namun dituturkan Jap jumlah ini belum seberapa. "Biasanya bisa sampai 6 ribu orang, dan mereka semua menunggu angpao," kata Jap. Menurut Jap, dini hari tadi memang ada pembagian sembako, bagi masyarakat yang berkumpul di depan Vihara. Salah seorang warga yang berada di depan Vihara, Ani Hasni pun membenarkan hal tersebut.

Wanita berusia 50 tahun ini mengatakan, ia sengaja datang jauh-jauh dari Bogor, Jawa Barat, ke vihara ini untuk menunggu pemberian Angpao dan sembako. 'Kunjungan' Ani pun ternyata tak sia-sia. Sekitar pukul 04.00 WIB subuh tadi, dituturkan Ani, masyarakat yang berkumpul kesini sudah mendapatkan sembako berupa beras 5 kilogram, 10 bungkus mie instan, dan minyak setengah kilo per orang.

Bukan hanya Ani saja yang rupanya sengaja datang jauh-jauh dari Bogor. Ketika ditanya dengan siapa ia pergi ke Ibu Kota, Ani mengaku datang ke vihara ini bersama 15 orang lainnya. "Tapi sekarang sudah pada nyebar-nyebar," kata Ani. Walaupun sekitar pukul 11.00 WIB, Ani dan warga lainnya sudah mendapatkan angpao tambahan sebesar Rp 2.000, toh, hingga pukul 12.00 WIB mereka masih tampak 'setia' duduk lesehan di depan vihara beralaskan kardus atau karung plastik.

Padahal, panas cuaca sangat panas, karena matahari begitu terik menyengat. "Kita masih menunggu pak Gubernur. Katanya mau kesini. Mau minta bagi Angpao," ujar Ani menambahkan. Namun hingga pukul 12.00 WIB siang ini, bahkan sampai Gubernur Jakarta yang akrab disapa Foke tersebut pulang, Ani dan beberapa warga lainnya terpaksa harus kecewa karena angpao dari Gubernur ternyata tak ada.

Saat ditanyakan kembali ke Ani, ia hanya mengatakan, "Gak apa-apa gak dapat dari Gubernur. Kami akan tetap disini sampai pukul 09.00 WIB nanti malam."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement