Kamis 19 Jan 2012 23:32 WIB

Al-Azhar Peduli Umat Bantu Korban Banjir

Rep: Damanhuri Zuhri/ Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bencana banjir yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia telah menimbulkan penderitaan. Guna meringankan beban yang dialami para korban banjir, Lembaga Amil Zakat Al-Azhar Peduli Umat (LAZ-APU) memberikan bantuan kepada korban banjir di Ciujung Banten serta daerah Situbondo, Lamongan dan Bojonegoro di Jawa Timur.

''Untuk daerah Ciujung Banten, tim LAZ-APU telah menyalurkan bantuan berupa bantuan logistik yang terdiri dari sembako dan air bersih yang sulit didapat, karena sulitnya akses masuk. Kami juga memberikan bantuan terpal untuk warga yang mengungsi,'' ujar Anwar Sani, direktur eksekutif LAZ APU, Kamis (19/1).

Sani menyebutkan,  untuk banjir di Ciujung yang menggenangi rumah-rumah serta mushala yang dijadikan tempat penampungan, tim LAZ-APU akan mengadakan bersih-bersih. Sedangkan untuk korban banjir di Pulau Jawa, kata dia, tim APU menurunkan bantuan berupa logistic sembako dan air bersih.

''Saat ini tim Apu bergerak ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, bersinergi dengan mitra dan jejaring di daerah menyisir sepanjang sungai Bengawan Solo melanjutkan ke wilayah Situbondo, Lamongan dan Bojonegoro yang juga kondisi banjirnya cukup parah.''

Sani juga mengungkapkan harapan para korban bencana, karena saat ini rumah mereka sangat sederhana, hanya diplester mereka berharap agar ada yang membantu untuk membangun rumah warga yang rusak. ''Mereka juga berharap agar dapat didroping air bersih karena sumber air warga untuk mandi, cuci, minum dan lainnya hanya satu yaitu Sanyo yang ada di musholla yang saat ini airnya sudah keruh,'' ungkap Sani mengutip harapan masyarakat korban banjir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement