Sabtu 31 Dec 2011 18:28 WIB

Padat Pengunjung, Ancol Diwarnai Antrian Toilet Mengular

Rep: Nora Azizah/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, ANCOL - Ancol masih menjadi salah satu tujuan favorit merayakan tahun baru. Namun setiap kali perayaan juga menimbulkan masalah yakni keberadaan toilet untuk membuang hajat para pengunjung yang membludak.

Antrian panjang terlihat di toilet umum Pantai Festival Ancol. Panjangnya antrian sekitar 30 orang lebih. Toilet bantuan, yakni toilet box sebanyak empat pintu pun tidak mampu menolong antrian karena juga dipenuhi pengunjung.

Pengunjung bisa mengantri sekitar 30 menit. "Sudah setengah jam saya mengantri" ujar Sri (43 tahun) kesal. Pengunjung asal Bekasi itu terpaksa harus mengantri karena tidak ada toilet lain. Kalaupun ada letaknya jauh, di dekat pom bensin.

Selain penuh, toilet juga dalam keadaan yang tidak baik. Selain bau pesing, saluran airnya pun tidak lancar. Toilet wanita dan pria tidak dipisahkan sehingga pengunjung pria dan wanita mengantri dan memakai toilet yang sama.

"Semua toiletnya memang pasti mengantri" ujar salah seorang petugas wanita pembersih toilet yang tidak ingin disebut namanya. Toilet box selalu digunakan ketika ada acara-acara ramai seperti tahun baru saat ini. Jumlahnya rata-rata empat box disetiap titik tempat yang padat pengunjung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement