Kamis 15 Dec 2011 13:11 WIB

Boediono Sentil Pejabat yang 'Sok Sibuk'

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Siwi Tri Puji B
Wapres Boediono
Wapres Boediono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Boediono menyentil pejabat maupun pegawai negeri yang suka berlagak sibuk. Padahal kesibukannya itu tidak memberikan hasil yang jelas buat kepentingan masyarakat.

Boediono mengakui terkadang intensitas kesibukan sebagai  birokrat itu sangat tinggi. Tapi perlu ditanya kesibukannya itu untuk apa. Jangan sampai melakukan banyak agenda tetapi outputnya belum tentu memberikan manfaat buat masyarakat.

"Segala kesibukan itu muaranya adalah pada hasil dan manfaat, layanan yang kita berikan kepada masyarakat akhirnya inilah yang menjadi tolak ukur,"ujarnya saat membuka Rapat Koordinasi Lembaga Ombudsman, di Jakarta, Kamis (15/12).

Untuk melihat berjalannya fungsi birokrasi itu, kata Boediono, dibutuhkan suatu pengawasan dari  lembaga eksternal. Lembaga yang mengawal apa yang seharusnya menjadi output dari birokrasi.

Sesuai dengan UU No 37 tahun 2008 lembaga ombudsman memiliki fungsi untuk pengawasan itu. Ombudsman mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement