Rabu 07 Dec 2011 15:47 WIB

Eh...Ada Sembilan Juta Warga Miliki KTP Ganda

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, sembilan juta orang Indonesia memiliki kartu tanda penduduk (KTP) ganda. "Sebanyak sembilan juta orang di Indonesia miliki KTP ganda karena kepengurusan dokumen-dokumen pribadi," katanya dalam peninjauan pelaksanaan E-KTP di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Rabu (7/12).

Gamawan mengatakan, banyaknya warga Indonesia yang memiliki KTP ganda tersebut karena kepengurusan dokumen-dokumen berharga di tiap daerah yang mengharuskan menggunakan KTP setempat. Alhasil pihaknya mendata sedikitnya sembilan juta orang yang mempunyai KTP ganda.

Mendagri mengatakan, melalui E-KTP yang berlaku secara nasional diharapkan kepemilikan identitas diri tidak lagi ganda atau disalahgunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. "E-KTP ini sangat berguna dan diharapkan bisa digunakan dalam kepengurusan apa saja termasuk pembelian tanah, urus paspor atau lainnya," katanya.

Dia mengatakan, E-KTP mempunyai banyak kelebihan dan keamanan yang tinggi, seperti tidak mudah patah dan mempunyai 'chip' didalamnya yang berisi data pribadi pemilik E-KTP. Di dalamnya selain terdapat data diri berupa foto ada juga sidik jari, iris mata, juga nomor induk kependudukan yang berlaku seluruh Indonesia.

"E-KTP punya keamanan tingkat tinggi dan dipastikan tidak bisa dimanipulasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab," katanya. Gamawan juga mengatakan, pembuatan E-KTP ini merupakan suatu pekerjaan besar yang belum semua negara melakukannya dan baru tahun ini Indonesia melakukannya secara bersama-sama dengan Jerman.

"Tidak semua negara mempunyai program E-KTP dan pada tahun ini kami melakukannya bersama dengan Jerman," katanya. Ia juga mengungkapkan, untuk E-KTP di beberapa negara lain tidak selengkap dengan yang dilakukan oleh Indonesia

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement