Rabu 09 Nov 2011 23:10 WIB

Dai Muda Bisa Lakukan Deradikalisasi Agama

Rep: muhamad akbar/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Regenerasi terhadap dai muda sangat dibutuhkan saat ini. Munculnya para dai muda diharapkan bisa melakukan upaya deradikalisasi agama yang kerap digunakan para pelaku teror di negeri ini.

''MUI sangat mendorong adanya regenerasi dai-dai muda. Karena dengan dakwah yang berkonsentrasi pada upaya rahmatan lil alamin akan bisa mengeliminasi dakwah yang disimpangkan dalam bentuk radikal,'' demikian disampaikan Wakil Sekjen MUI Amirsyah Tambunan usai rapat pimpinan MUI di Jakarta.

Terkait dengan upaya deradikalisasi tersebut, Amirsyah mengatakan, hal tersebut bukan bertujuan untuk menghapus prinsip dasar beragama. ''Tetapi poinnya adalah deradikasasi ini seharusnya menghapus akar kekerasan yang dilakukan atas nama agama,'' ujar dosen UIN Jakarta dan Universitas Muhammadiyah Jakarta ini.

Amirsyah mengatakan saat ini lembaga atau organisasi dakwah Islam seharusnya bisa berperan aktif dalam melakukan usaha deradikalisasi. Selain itu lagi, dakwah yang dikembangkan sebaiknya bermuara pada konsep pemberdayaan ekonomi umat.

''Karena dari sana akar radikalisasi itu terlahir. Dengan kuatnya ekonomi umat maka akan bisa melahirkan umat yang tak akan mudah terjebak pada ideologi yang mengajarkan kekerasan,'' ujar mantan ketua PP Muhammdiyah ini menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement