Selasa 08 Nov 2011 18:16 WIB

Kelompok Felix Walik Dalang Aksi Penembakan di Papua?

Rep: bilal ramadhan/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA- Kondisi keamanan di Papua kembali memanas dengan maraknya aksi penembakan yang dilakukan kelompok separatis atau kelompok sipil bersenjata terhadap polisi. Polri menduga dalang yang berada pada aksi penembakan ini dilakukan dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) kelompok Felix Walik.

"Kita masih dalami terus apakah kelompok ini masih berkorelasi dengan kelompok Felix Walik," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Boy Rafli Amar yang ditemui di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (8/11).

Boy memaparkan polisi pernah menangkap Felix Walik pada Desember 2009 lalu. Ia menduga anggota OPM kelompok Felik Walik ini melakukan balas dendam dengan melakukan aksi penyerangan kepada polisi yang sedang bertugas, khususnya petugas yang berjaga dalam jumlah minim.

Menurutnya, untuk menangkap Felix Walik, polisi membutuhkan proses penyelidikan yang cukup panjang dan diakuinya tidak mudah. Maraknya aksi penembakan ini, lanjutnya, akan diurai perlahan-lahan oleh polisi untuk menemukan pimpinannya.

"Sama seperti kita berjuang untuk menangkap tokoh mereka pada 2009. Itu kan salah satu proses panjang yang dilakukan polisi di sana. Bukan berarti kita defensif," tegasnya. ia menambahkan salah satu upaya dalam menangkap pimpinan kelompok separatis dengan bekerjasama dengan tokoh-tokoh masyarakat, suku dan adat di Papua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement