Ahad 30 Oct 2011 16:34 WIB

Hei..! Politisi Muda, Jangan Ikuti Jejak Politisi Tua

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Stevy Maradona
Politisi, ilustrasi
Foto: RealBollywood
Politisi, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari menyatakan citra politisi muda memang memburuk, karena adanya masalah-masalah hukum yang diduga berkaitan dengan mereka belakangan ini. Hal ini memunculkan keraguan publik akan kiprah mereka selama ini.

"Ini bisa mengancam mereka untuk tampil kembali di kancah perpolitikan pada periode yang akan datang," ungkapnya saat dihubungi, Ahad (30/10). Dia menyatakan di level nasional, politisi muda memang sepertinya harus banyak introspeksi diri agar lebih banyak berkontribusi kepada masyarakat.

Sedangkan politisi muda di daerah, sudah ada yang terlihat berkontribusi positif. Mereka berpolitik di tingkat lokal dengan baik, tanpa terjegal skandal hukum. "Sudah banyak politisi muda tampil di tingkat lokal," paparnya.

Qodari meyakini politisi muda masih dapat tampil lebih baik, asalkan tidak lagi mengikuti jejak langkah politisi tua. "Mereka harus melepaskan diri dari politisi tua," jelasnya.

Dia mengatakan politisi muda harus mampu tampil mandiri. Mereka mampu membangun jaringan sendiri yang lebih kuat dibandingkan jaringan yang dipegang politisi tua. Selain itu, mereka juga bisa tampil dengan idealisme yang kuat untuk merubah bangsa ini menjadi lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement