Senin 24 Oct 2011 11:02 WIB

Indonesia Mau Beli F-16 dari Amerika

Pesawat tempur Taiwan, F16 yang didapat dari paket militer AS sedang lepas landas dari bandara.
Foto: REUTERS
Pesawat tempur Taiwan, F16 yang didapat dari paket militer AS sedang lepas landas dari bandara.

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA-- Pemerintah Indonesia (RI) dan Amerika Serikat (AS) menjajaki peluang pembelian pesawat tempur F-16. Hal itu dikemukakan oleh Duta Besar RI untuk AS Dino Patti Djalal di Nusa Dua, Bali, Senin siang, seusai mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan AS Leon Panetta.

"Kita membahas mengenai kemungkinan Indonesia mendapat F-16," ujarnya. Namun, menurut Dino, detil mengenai kerjasama itu belum sepenuhnya selesai dibahas. "Tapi detailnya seperti masalah harga dan teknis belum, masih perlu dibahas lebih lanjut," ujarnya.

Pertemuan selama 45 menit itu, kata Dino secara umum lebih membahas komitmen AS untuk mendorong arsitektur regional, yang disambut baik oleh Presiden. Dino mengatakan bahwa Presiden Yudhoyono dan Panetta juga membahas mengenai situasi di Timur Tengah dan Asia Pasifik.

Leon Panetta berada di Bali untuk mengikuti pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN dan mitra wicaranya. Pada Minggu sore (23/10), Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Panetta telah melakukan pertemuan di sela-sela ASEAN Defence Ministerial Meeting untuk membahas kerja sama bidang militer.

Menurut Purnomo dalam pertemuan itu pemerintah AS menyatakan komitmennya untuk menyediakan alat utama sistem senjata (Alutsista) bagi Indonesia. Namun ia mengatakan bahwa pihaknya belum mengetahui jenis alutsista yang akan diberikan kepada Indonesia.

Selain itu, kata Purnomo, pemerintah AS juga mendukung pembentukan ASEAN Security Community yang akan diwujudkan pada 2015. "Indonesia juga berencana mengembangkan keamanan maritim karena dua per tiga wilayah Indoneisa adalah lautan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement