Selasa 11 Oct 2011 20:19 WIB

Mau Ikut Pilkada, Para Calon Dites Baca Alquran

Rep: Antara/ Red: Chairul Akhmad
Membaca Alquran (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Membaca Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH – Sebanyak 17 orang bakal calon bupati dan wakil bupati Aceh Barat, Provinsi Aceh, mengikuti tes baca Alquran sebagai syarat bisa lolos untuk menjadi calon pada pilkada 24 Desember 2011.

Ketua Pokja Pencalonan KIP Aceh Barat, Bahagia, mengatakan tes uji baca Alquran yang berlangsung di Masjid Baitul Makmur hari ini baru diikuti 17 peserta dari 24 orang (12 pasangan bakal calon). "Jadi, sisanya tujuh orang lagi akan dilanjutkan pada Rabu (12/10)," katanya.

Dari hasil tes sementara, sepertinya hanya 50 persen dari peserta yang diperkirakan mampu memenuhi standar penilaian (grade) yang ditetapkan KIP Aceh. "Sesuai persyaratan yang ditetapkan KIP Aceh, bakal calon dinyatakan lulus tes baca Alquran bila mencapai grade 50 persen hasil penilaian dewan hakim terpilih," jelas Bahagia.

Adapun kategori yang menjadi penilaian tes baca Alquran sesuai ketentuan KIP Aceh, meliputi tajwid 50 persen, kefasihan 30 persen, dan adab 20 persen. Kemudian seluruh hasil penilaian nantinya akan dikirim ke masing-masing bakal calon usai mengikuti tes.

"Mengingat waktu yang kita miliki hanya dua hari, maka besok sore, Rabu (12/10), kita sudah mengumumkan hasil tes baca Alquran. Sebelumnya, kita akan melanjutkan sisa peserta yang tidak mengikuti tes hari ini," kata Bahagia.

Mengenai kepastian kelulusan mereka adalah sepenuhnya kewenangan dewan hakim terpilih dan pihak KIP hanya memfasilitasi kegiatan itu sebagai lembaga penanggung jawab pencalonan pimpinan daerah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement