Selasa 04 Oct 2011 13:07 WIB

RI-Malaysia Bahas Audit Lingkungan Selat Malaka

Selat Malaka
Foto: .
Selat Malaka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan Jabatan Audit Negara (JAN) Malaysia mengadakan pertemuan teknis bidang audit lingkungan, khususnya Selat Malaka, di Manado, Sulawesi Utara pada 3-5 Oktober 2011. Pertemuan tersebut dilaksanakan dalam rangka finalisasi dan penandatanganan laporan audit paralel manajemen mangrove di Selat Malaka.

Selain itu, pertemuan juga mendiskusikan rencana audit paralel mengenai Manajemen Perikanan dan Kelautan serta Manajemen Sumber Daya Air.

Pertemuan antara BPK RI dan JAN Malaysia merupakan implementasi kerja sama bilateral kedua belah pihak yang mencakup peningkatan kapasitas kelembagaan dan audit paralel.

Di bidang audit paralel meliputi audit lingkungan serta audit pajak dan bea cukai, sedangkan peningkatan kapasitas kelembagaan mencakup pelatihan serta penelitian dan pengembangan.

Acara pertemuan teknis tersebut dibuka oleh Anggota BPK, Ali Masykur Moesa dan dihadiri oleh Deputy Auditor General of JAN Malaysia, Dato' Hj. Mustafa bin Saman; dan Auditor Utama (Tortama) Keuangan Negara (KN) VI BPK, Abdul Latief. Selain itu; Plt Tortama KN IV BPK, Saiful Anwar Nasution; Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Utara, Rochmadi Saptogiri; para pimpinan di wilayah Provinsi Sulawesi Utara, serta delegasi dari JAN Malaysia dan BPK RI.

Anggota BPK Ali Masykur Moesa mengharapkan pertemuan tersebut dapat dimanfaatkan oleh kedua lembaga pemeriksa untuk saling berbagi pengalaman dan teknik pemeriksaan dalam rangka meningkatkan kualitas pemeriksaan.

"Kami harapkan BPK RI dan JAN Malaysia dapat meningkatkan kualitas pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara di negara masing-masing, sesuai dengan semboyan The International Organisation of Supreme Audit Institutons (INTOSAI) yaitu 'Experientia Mutua Omnibus Prodes atau Mutual Experience Benefits All'," katanya.

Delegasi JAN Malaysia yang mengikuti pertemuan ini terdiri dari Principal Assistant Audit Director, Alifah Aida binti Lope Abdul Rahman; Deputy Audit Director, Fadzilah binti Muhammad; Assistant Audit Director, Mustainah binti Alwi; Assistant Audit Director, Jaleha binti Senin; Deputy Audit Director Raja Sunthara Kannan antara lain Raja Gopal.

Sementara itu, delegasi dari BPK RI antara lain Direktur Audit BPK, Kamaluddin; Pelaksana Direkktur Audit, Arief Senjaya; Pelaksana Manajer Audit BPK, Sarjono; Manajer Audit BPK, Dwi Sabardiana; Pengawas Audit BPK, Sarjono; para auditor bidang kelautan dan perikanan serta auditor di bidang kehutanan.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement