Senin 26 Sep 2011 22:15 WIB

Pemerintah Andalkan Pengusaha Perkuat Ekonomi

Rep: M Ikhsan Shiddieqy/ Red: Rahmat Santosa Basarah
Menko Perekonomian Hatta Rajasa
Menko Perekonomian Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN-Pemerintah menaruh harapan besar kepada para pengusaha untuk memperkuat ekonomi Indonesia. Perekonomian nasional harus memiliki kekuatan dalam menghadapi pengaruh perekonomian global. Pemerintah mengharapkan peran pengusaha dalam pembangunan infrastruktur. "Tidak mungkin pemerintah berhasil memperluas ekonomi tanpa Indonesia incorporated, itu artinya dunia usaha kita hadirkan," kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa ketika memberi sambutan dalam Pembukaan Rapat Kerja dan Koordinasi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ke-23 di Medan, Senin (23/9).

Hatta mengatakan, pemerintah perlu memiliki respon yang tepat dalam menghadapi perekonomian global terkini. Namun, kata Hatta, pemerintah beruntung memiliki partner seperti Apindo. Keterlibatan pengusaha sangat penting dalam memperkuat perekonomian dalam negeri. "Kunci menghadapi krisis adalah kita harus bersama-sama," kata Hatta menegaskan. Menurut dia, pemerintah dan pengusaha harus belajar dari krisis pada 2008. Ketika itu, kata Hatta, semua pihak di dalam negeri tercerai berai. Semua pihak cari selamat sendiri-sendiri, sehingga dampak krisis makin terasa.

Dalam menghadapi kemungkinan krisis terjadi lagi, kata Hatta, pemerintah dan pengusaha harus lebih tangguh menghadapi persoalan ekonomi global. Hatta mengatakan, hubungan yang erat antara pemerintah dan pengusaha harus terus diperkuat ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement