Kamis 15 Sep 2011 19:58 WIB

Perubahan Keppres SEA Games Sudah di Meja Setkab

Sea Games 2011
Sea Games 2011

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Draf perubahan Keputusan Presiden (Keppres) serta Peraturan Presiden (Perpres) terkait dengan SEA Games 2011 di Palembang dan Jakarta, 11-22 November, saat ini sudah masuk di Sekretaris Kabinet (Setkab). Pelaksana Tugas Sekretaris Kemenpora Joko Pekik di Jakarta, Kamis (15/9), mengatakan dengan masuknya draf Keppres dan Perpres itu maka tinggal menunggu tanda tangan dari presiden.

"Hari ini sudah saya masukkan setelah semua terpenuhi. Saat ini tinggal menunggu saja," katanya di sela-sela penandatanganan nota kesepahaman antara Kemenpora dengan Inasoc Sumsel.

Menurut dia, draf Keppres yang dimasukkan berkaitan penambahan wewenang Panitia Nasional SEA Games atau Inasoc dalam menggunakan dana dari pihak ketiga yaitu sponsor, tiket maupun dari merchandise. Sedangkan untuk Perpres akan digunakan oleh Inasoc dalam melakukan penunjukan secara langsung dalam pengadaan barang/jasa yang diperlukan pada SEA Games 2011 mendatang.

"Kami berharap secepatnya beres dan bisa digunakan. Karena waktu pelaksanaan SEA Games telah dekat," kata Joko Pekik menambahkan.

Ia menjelaskan setelah Keppres dan Perpres ditandatangani presiden akan secepatnya dipublikasikan. Karena saat ini sangat ditunggu Inasoc selaku pelaksana pelaksanaan SEA Games di Tanah Air. Meski demikian, kata dia, jika Keppres dan Perpres sudah keluar belum serta merta bisa langsung digunakan sesuai dengan keiinginan dari Inasoc.

Kemenpora bersama dengan Lembaga Kajian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKB) serta Kejaksaan Agung akan memilah-milah pengadaan barang/jasa yang akan dilakukan dengan penunjukan langsung.

"Tidak semua pengadaan barang/jasa dilakukan secara langsung. Makanya tim akan memilah-milah terlebih dahulu," katanya menerangkan.

Pengadaan barang/jasa yang diajukan Inasoc Jakarta maupun Palembang berbeda. Nilai pengadaan barang/jasa untuk Palembang yang saat ini telah ditandatangani sebesar Rp 62 miliar sedangkan Jakarta kurang lebih Rp 66 miliar.

"Untuk Palembang ada 12 item. Jakarta juga tidak beda jauh. Makanya harus dipilah-pilah dulu jika keppres dan perpres turun," kata Joko menjelaskan.

Sementara Ketua Inasoc Palembang Mudai Maddang mengatakan dengan adanya keppres dan perpres serta MoU dengan pemerintah terkait dengan pencairan dana diharapkan masalah tidak ada lagi. "Kami tinggal menunggu saja. Yang jelas kepastian dana telah tersedia," katanya usai penadatanganan MoU dengan Kemenpora.

SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang akan diikuti 11 negara. Ada 43 cabang olahraga yang dipertandingkan. Pada event ini Indonesia menargetkan mampu menjadi juara umum.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement