Senin 05 Sep 2011 19:02 WIB

Abah Anom Wafat Bertepatan dengan Milad Pesantren Suryalaya ke-106

Rep: Djoko Suceno/ Red: Johar Arif
Ponpes Suryalaya
Foto: suryalaya.org
Ponpes Suryalaya

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA – Wafatnya Pimpinan Pondok Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya, KH A Shohibulwafa Tajul Arifin (Abah Anom), pada Senin (5/9) bertepatan dengan Milad ke-106 pesantren yang dipimpinnya.

Untuk menyambut Milad tersebut, panitia telah menyiapkan berbagai kegiatan dan akan dihadiri belasan ribu Ihwan Thareqat Qodiriyah Naqsabandiyah baik dari tanah air maupun mancanegara. Dalam surat edaran No: 022.PPS.SE.Milad.106.2011, tertanggal 2 September 2011, Sekretris Yayasan Serba Bhakti Pondok Pesantren Suryalaya, H Baban Ahmad Jihad SB.Ar, mengundang Pengurus Pusat, Korwil Perwakilan, Pembantu Perwakilan, Sesepuh Khataman, dan Manaqiban Thareqat Qodiriyah Naqsabandiyah di daerah serta perwakilan ihkwan di luar negeri untuk menghadiri acara tersebut.

Pelaksanaan Milad tersebut rencananya akan dimulai bada shalat isya di kompleks Pesantren Suryalaya. Hanya saja, Allah SWT berkehendak lain dan memanggil Abah Anom sebelum merayakan Milad pesantren yang berdiri sejak tahun 1905 ini. ‘’Kegiatan Milad tetap dilaksanakan sesuai dengan rencana semula,’’ kata Agus, salah satu santri senior pesantren tersebut.

Menurut Agus, saat ini ribuan santri sudah berkumpul di Pesantren Suryalaya. Mereka tak hanya datang dari wilayah Jabar saja, tapi dari Sumatera, Kalimantan, bahkan dari luar negeri. Ia memperkirakan jumlah pelayat dan ihkwan akan terus bertambah saat pemakaman besok. ‘’Saat ini saja sudah ribuan yang datang. Pesantren sudah penuh dengan para pelayat,’’ kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement