Senin 15 Aug 2011 08:52 WIB

Empat Beruang 'Jalan-jal;an' ke Jalinbar Lampung Barat

Beruang madu
Foto: Shutterstock
Beruang madu

REPUBLIKA.CO.ID,LIWAPengendara jalur lintas barat (Jalinbar) yang berada di Kabupaten Lampung Barat, dikejutkan dengan kehadiran empat ekor beruang berukuran besar yang muncul di jalan nasional yang terletak di Kecamatan Sukau, Lampung Barat, Minggu sekitar pukul 22.00 Wib.

"Empat ekor beruang berukuran besar tersebut tiba-tiba datang dan berada di tengah jalan. Keberadaan satwa liar tersebut, jelas mengejutkan sebagian besar pengendara yang hendak melintas di jalan nasional tersebut," kata pengendara yang berasal dari Provinsi Sumatera Selatan, Iskandar (36) di Liwa

Dia menjelaskan, sebagian besar pengendara berhenti dan menunggu satwa tersebut pergi dan kembali ke hutan. Menurut dia, kawanan beruang kerap muncul di jalan nasional, sehingga keberadaanya meresahkan pengendara yang hendak melintas pada malam hari.

"Keberadaan satwa liar tersebut jelas mengancam keselamatan pengedaran, sebab empat beruang itu tergolong binatang buas dan bisa membunuh, beruntung beruang tersebut tidak mengamuk dan mengancam nyawa pengendara," kata dia lagi.

Kemudian lanjut dia, pengendara tidak mampu mengusir beruang tersebut, sebab binatang buas itu tergolong ganas. Pengendara lain Samsir (35) mengatakan, butuh 15 menit untuk menunggu beruang tersebut berlalu.

"Meskipun harus menunggu lama, beruntung satwa liar tersebut tidak melakukan tindakan apa pun yang mengancam keselamatan kami," kata dia.

Dia mengakui, jalan nasional yang berada di Lampung Barat kerap dilalui satwa liar, sehingga dibutuhkan kewaspadaan dari pengendara.

Kemudian lanjut dia, kemunculan empat beruang itu sontak membuat pengendara motor berbalik arah, sebab hewan buas itu memiliki tubuh besar dan mampu membunuh manusia.

"Setiap kali melintas di jalan nasional yang berdekatan dengan hutan kawasan, ketakutan terus menghantui pengendara, sebab beberapa titik jalan nasional terdapat perlintasan hewan," katanya.

Ia berharap, di beberapa titik dapat di bangun pos penjagaan satwa, sehingga saat satwa liar tersebut melintas keberadaannya dapat terpantau.

Jalur lintas barat (Jalinbar) yang terletak di Kabupaten Lampung Barat, berada di tengah jantung hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), beberapa titik di jalan nasional tersebut kerap menjadi perlintasan satwa yang di duga berasal dari hutan kawasan.

Minimnya pos penjagaan di jalan nasional ini, membuat pengendara takut saat melintasi di jalan nasional pada malam hari, sebab kawanan satwa liar itu kerap muncul dan berada di tengah jalan, selain menggangu arus lalu lintas, kemunculan satwa liar tersebut dapat mengancam keselamatan pengendara yang melintas.(

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement