Rabu 27 Jul 2011 18:05 WIB

Digembosi Nasdem? Golkar Bilang tak Takut

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung
Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Akbar Tanjung mengatakan pihaknya tidak khawatir kemunculan Partai Nasdem akan menggembosi Partai Golkar. "Kalau dari sisi Golkar sendiri, saya tidak melihat kekahwatiran. Kami sudah siap secara politik dan juga secara psikologi politik," katanya di Akbar Tanjaung Institute Jakarta, Rabu (27/7).

Menurut dia, Partai Golkar telah berpengalaman dalam melakukan konsolidasi di tengah tekanan politik. Ia mencontohkan, di masa reformasi, Partai Golkar tetap mampu berkiprah bahkan masuk sebagai partai dengan perolehan suara terbanyak meski di tengah tekanan politik, pindahnya para kader dan munculnya berbagai partai politik yang digagas para kader Golkar.

Untuk itu, dirinya tidak khawatir Partai Nasdem akan menggembosi Golkar. Ia mengatakan, bagi Golkar yang paling penting adalah mengefektifkan konsolidasi dalam memperkuat kelembagaan partai dengan menyiapkan kader-kader secara intensif untuk menyambut pemilu 2014.

Sedangkan kader-kader yang kini berada di organisasi massa Nasional Demokrat tetap diperingatkan oleh partai. Hal ini karena adanya keterkaitan yang erat antara Ormas Nasional Demokrat dengan Partai Nasdem meski secara struktural tidak terlihat.

Ia menyadari, secara hukum Golkar sulit untuk memecat mereka yang berada Ormas Nasional Demokrat selama tidak masuk dalam Partai Nasdem. Namun demikian, secara politik, menurut dia, partai juga dapat memberikan sangsi dengan tidak memberikan peran politik pada pemilu 2014 mendatang.

Sementara itu, ia menyakini pada pemilu 2014, Partai Golkar akan dapat memperoleh suara terbanyak. "Kami optimis meraih suara yang tinggi bahkan kami optimis menjadi pemenang dalam pemilu tahun nanti," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement