Senin 18 Jul 2011 16:03 WIB

BNP2TKI Selenggarakan Bursa Kerja di Singapura

Kantor BNP2TKI.
Foto: kampungtki.com
Kantor BNP2TKI.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menyelenggarakan bursa kerja luar negeri di Gedung Balai Pemuda, Surabaya, Jatim, 19-20 Juli 2011.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (UPT P3TKI) Jawa Timur (Jatim) Hariyadi Budihardjo di Surabaya, Senin, mengatakan bursa kerja yang akan dibuka Wagub Jatim Saifullah Yusuf pada Selasa (19/7) pagi itu diperuntukan bagi mereka yang ingin bekerja pada sektor formal.

Bursa kerja yang diberi nama "Job Marketing Fair TKI Formal 2011" itu, katanya, menyediakan 40 anjungan terdiri atas 34 anjungan perusahaan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS) dan enam anjungan lain dari Bank Mandiri, Bank Jatim, Disnakertransduk Jatim, Asuransi Proteksi, PT Angkasa Pura I Juanda, dan LPK Pemagangan di Jepang.

Ia berharap kegiatan itu dapat menjaring minat masyarakat untuk mengisi peluang kerja di luar negeri pada sektor formal seperti konstruksi, manufaktur, kesehatan, pertanian, sopir, dan penjahit.

Kepala Seksi Penyiapan dan Bimbingan Unit Pelaksana Teknis UPT P3TKI Jatim Abdullah Romli menambahkan penempatan TKI formal yang dilakukan sebagian besar PPTKIS Jatim adalah ke Malaysia, Brunei Darussalam, Taiwan, dan Hong Kong.

Bursa kerja itu menawarkan peluang kerja di Malaysia di bidang konstruksi dan manufaktur seperti barang-barang elektronik dan kayu lapis (plywood). Untuk di Taiwan dan Hong Kong ditawarkan peluang kerja sebagai operator produksi dan perawat.

Sedangkan untuk Brunei Darussalam ditawarkan peluang kerja sebagai sopir, pekerja konstruksi dan teknik serta penjahit.

Adapun pemagangan kerja di Jepang peluang kerja yang ditawarkan adalah pada industri motor, manufaktur, pertanian, dan peternakan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement