Selasa 05 Jul 2011 17:29 WIB

Menag dan Sejumlah Tokoh Bertakziyah ke Rumah Duka Zainuddin MZ

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sejumlah tokoh tampak melayat di rumah duka keluarga almarhum Zainuddin MZ yang juga dikenal sebagai "Da'i Sejuta Umat". Almarhum meninggal Selasa pagi sekitar pukul 09.15 WIB di Rumah Sakit Pertamina Pusat.

Menteri Agama Suryadharma Ali yang juga Ketua Umum DPP PPP tampak hadir di rumah duka di Jalan H Aom, Gandaria, Jakarta Selatan. Tampak hadir juga "Raja Dangdut" Rhoma Irama, Ustadz Jefri Al Buchori, penyanyi Hadad Alwi, Dirjen Bimas Islam Depag, Nasaruddin Umar, Ketua Umum PP Muhamadiyah, Din Syamsudin, politikus, Akbar Tandjung, sejumlah tokoh dan ulama, serta beberapa artis seperti Akri Patrio, Gunawan, dan Yenni Rachman.

Mereka tampak hadir di antara ribuan pelayat lainnya. KH Zainuddin MZ dikuburkan sekitar pukul 15.30 WIB usai Shalat Ashar di pemakaman keluarga di Masjid Fajrul Islam di depan rumah duka.

KH Zainuddin MZ dikenal sebagai kiai yang berdakwah ke hampir seluruh penjuru Indonesia. Setiap acara dakwahnya selalu dibanjiri umat Islam, sehingga diberi julukan "Da'i Sejuta Umat".

Tidak hanya berdakwah, almarhum juga pernah menjadi pengurus DPP Partai Persatuan Pembangunan. Kemudian ia memisahkan diri dengan mendirikan PPP Reformasi yang kemudian berganti nama menjadi Partai Bintang Reformasi (PBR).

Almarhum mengundurkan diri dari dunia politik praktis dan kembali ke panggung dakwah. Posisinya sebagai Ketua Umum PBR digantikan oleh Bursah Zarnubi.

Banyak kalangan menilai almarhum memiliki kemampuan merangkai kata-kata yang indah, bersajak dan selalu mengaitkan dakwahnya dengan kehidupan sehari-hari.

Saat prosesi pemakaman, di sepanjang jalan menuju rumahnya berjajar karangan bunga duka yang menyatakan duka dan rasa kehilangan yang mendalam atas kepergiannya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement