Jumat 20 May 2011 13:59 WIB

Simbol Kebangkitan Nasional Bukan Hanya Budi Utomo

Rep: C05/ Red: Johar Arif
Sarekat Dagang Islam
Foto: pikirancerah.wordpress.com
Sarekat Dagang Islam

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Peringatan hari kebangkitan nasional yang jatuh pada hari ini dirayakan di Museum Kebangkitan Nasional. Pihak pengelola museum memperkenalkan organisasi pergerakan nasional lain selain budi utomo, yakni Sarekat Dagang Islam.

Edi suwardi, kepala Museum Kebangkitan Nasional, mengatakan pihaknya sengaja mengenalkan organisasi pergerakan nasional selain Boedi Utomo. Sarekat dagang Islam lah yang dipilih tahun ini. "Supaya orang tahu bahwa kebangkitan nasional bukan hanya oleh Boedi Utomo saja," katanya pada Republika, Jumat (20/5).

Di museum ini, digelar berbagai acara untuk memperingati hari bersejarah bagi bangsa indonesia ini. Salah satunya adalah dengan menggelar pameran tentang Sarekat Dagang Islam.

Pameran digelar di salah satu gedung di dalam museum. Tampak beberapa pengunjung menyimak penjelasan dari petugas pemandu tentang organisasi yang didirikan oleh H. Samanhudi tersebut. Umumnya pengunjung berusia tua dan pecinta sejarah tampak antusias.

Sedangkan para pengunjung pemuda, yaitu kalangan pelajar, terlihat bosan. Vilia, salah satu siswa SMPN 4, menyatakan capek mengikuti rangkaian acara ini. Ia dan beberapa siswa lainnya diundang pihak museum untuk mengikuti rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Ia dan teman-temannya tidak ikut masuk melihat pameran Sarekat Dagang Islam. "Tadi kan udah ikut upacara," katanya. Ia hanya duduk-duduk di depan museum, menunggu diperbolehkan pulang.

Ia sendiri belum pernah datang ke museum ini. "Nggak seru," katanya. Menurutnya, lebih baik pergi ke mall atau ke Ancol, tempat yang lebih seru dan ramai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement