Rabu 18 May 2011 18:06 WIB

Soal Kasus Suap Sesmenpora, KPK Didesak Tetapkan Andi Malarangeng Jadi Tersangka

Rep: Muhamad Hafil/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Andi Mallarangeng
Foto: Antara/Saptono
Andi Mallarangeng

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak untuk menjadikan Menpora Andi Malarangeng sebagai tersangka dalam kasus suap pembangunan wisma atlet SEA Games, Palembang. Pasalnya Andi  sebagai atasan Sesmenpora--yang telah jadi tersangka, Wafid Muharam, diduga  mengetahui keberadaan dana talangan dari pihak swasta yang masuk ke kas Kemenpora.

"Dana talangan dari swasta itu tidak boleh, kalau kemudian terbukti ada intrusksi atau setidaknya menyetujui dana talangan ya harus ditetapkan sebagai tersangka," kata Kordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Bonyamin Saiman saat dihubungi, Rabu (18/5).

Sebelumnya, salah satu tersangka kasus tersebut, Wafid Muharam yang merupakan bawahan Andi Malarangen pernah mengungkapkan  jika perolehan dana dari pihak swasta selalu dilaporkan ke Kemenpora. Termasuk dana sebesar Rp3,2 miliar berbentuk cek, yang kini disita KPK.

Bonyamin mengatakan, hal tersebut secara otomatis mengindikasikan jika jajaran Kemenpora mengetahui aliran dana yang masuk dari pihak swasta. Lagi pula, ia menekankan, dana talangan itu secara kelembagaan keputusannya ada di menteri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement