Senin 09 May 2011 15:32 WIB

Anggaran Gedung Turun, DPR Siap Ikut Saran PU

Rep: C41/ Red: Djibril Muhammad
Marzuki Alie menggelar jumpa pers merespons kritik soal gedung baru DPR, Rabu (30/3).
Foto: Antara
Marzuki Alie menggelar jumpa pers merespons kritik soal gedung baru DPR, Rabu (30/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pimpinan DPR RI menyatakan siap menjalani rekomendasi Kementerian Umum yang sudah menyelesaikan evaluasi pembangunan gedung baru dewan. Sebagai pihak yang sekadar memumutuskan, tidak ada hak DPR untuk menolak hasil rekomendasi PU.

"Kami itu hanya memutuskan apa yang direkomendasikan PU, karena itu kewenangan mereka," ucap Ketua DPR RI, Marzuki Alie usai memimpin Sidang Paripurna DPR, Senin (9/5). Dewan memasuki Masa Sidang IV Periode 2010-2012 usai menjalani reses selama satu bulan kemarin.

Kementerian PU telah mengumumkan hasil evaluasi pembangunan gedung dewan sesuai permintaan pimpinan DPR awal April lalu. Inti rekomendasi PU adalah, gedung baru DPR cukup dibangun hingga 26 lantai dengan anggaran Rp 777 miliar.

Ini berbeda jauh dari rencana pembangunan semula, yaitu gedung baru DPR akan terdiri dari 36 lantai dengan biaya mencapai Rp 1 triliun lebih. Padahal, angka pembangunan ini juga merupakan hasil perhitungan tim perencana PU.

Marzuki menyatakan masih menunggu laporan tertulis dari PU atas hasil evaluasi mereka. Setelahnya, dipastikan akan segera membahasnya di tingkat Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPT untuk disahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement