Rabu 06 Apr 2011 14:04 WIB

Kobaran Api di Tangki Cilacap Pertamina Sudah Tak Terlihat Lagi

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Siwi Tri Puji B
Kilang Pertamina Cilacap kebakaran.
Foto: Antara/Idhad Zakaria
Kilang Pertamina Cilacap kebakaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Pertamina (Persero) melansir kobaran api di tangki 31 T-7 sudah tidak terlihat lagi. Hal ini disampaikan oleh VP Corporate Communication Pertamina, Mochamad Harun, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (6/4).

"Hingga saat ini, tim pemadam tetap melakukan penyemprotan foam dan air sebagai upaya pendinginan untuk memastikan temperatur tangki yang terbakar tersebut berada di batas normal untuk menghindari kemungkinan munculnya kembali api," kata Harun.

Kobakaran api di tangki 31 T-7 sudah tidak terlihat lagi sejak pukul 07.00 WIB tadi pagi. Sebelumnya, api di tangki 31 T-7 sempat padam pada Selasa (5/4) pukul 10.35 WIB. Namun, api kembali menyala sekitar pukul 12.00 WIB karena angin yang cukup kencang memecah foam yang sudah menutupi permukaan fluida panas di dalam tangki 31 T-7. Sehingga terjadi interaksi dengan oksigen yang mengakibatkan kembali munculnya api. Dua tangki lainnya yaitu tangki 31 T-2 dan 31 T-3 sudah berhasil dipadamkan sejak Ahad (3/4) lalu.

Jumlah tangki yang berada di dalam kompleks Kilang Refinery Unit (RU) IV Cilacap sebanyak 207 tangki. Tangki-tangki yang berada di kompleks kilang terdiri dari tangki komponen yaitu tangki yang menyimpan bahan-bahan yang akan diolah untuk menjadi produk BBM dan tangki finished product yaitu tangki yang menyimpan Bahan Bakar yang sudah menjadi produk BBM seperti Premium, Kerosin (Minyak Tanah), Solar maupun Avtur.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement