Kamis 31 Mar 2011 14:25 WIB
Melinda Dee Si Cantik Pembobol Citibank

Melinda Mulai Gangsir Rp 17 Miliar Sejak 3 Tahun Lalu

Melinda Dee
Foto: mypepito.info
Melinda Dee

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Irjen Pol Anton Bachrul Alam mengatakan tersangka MD, pembobol uang nasabah Citibank sudah tiga tahun melakukan aksinya.

"Hasil pemeriksaan dia (MD, red) sudah tiga tahun melakukan itu," katanya di Jakarta, Kamis.

Irjen Anton Bachrul Alam menambahkan bahwa tersangka MD sudah 20 tahun bekerja sebagai karyawan di Citibank. "MD memiliki beberapa perusahaan tapi bukan atas namanya," kata Anton.

MD bisa memindahkan transaksi dibantu lewat kasir berinisial D ke satu bank dan dari bank itu ke bank lain, dimana dana perusahaan dialirkan ke perusahaannya. Tersangka MD adalah presiden manager yang merupakan atasan dari D.

Selain itu, penyidik telah memeriksa saksi sebanyak 13 orang terdiri atas karyawan bank dan korban pelapor sebanyak tiga orang, ujarnya. "Sementara itu, barang bukti yang disita antara lain dokumen-dokumen transaksi, satu unit mobil Hummer warna putih telah dititipkan di Rumah Penitipan Barang Sitaan (Rupbasan)," kata Anton.

Modus operandi yang dilakukan pelaku sebagai karyawan bank adalah dengan sengaja telah melakukan pengaburan transaksi dan pencatatan tidak benar terhadap beberapa slip transfer.

"Slip transfer penarikan dana pada rekening nasabah untuk memindahkan sejumlah dana milik nasabah tanpa seijin nasabah ke beberapa rekening yang dikuasai oleh pelaku," katanya.

Kerugian akibat perbuatan tersangka, kata Anton, kurang lebih sebesar Rp17 miliar dan bisa bertambah setelah dilakukan audit.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement