Jumat 18 Mar 2011 14:35 WIB

Pemeriksan 'Deden' Ahmadiyah, Polri Lempar Tangan

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Didi Purwadi
Deden Sudjana
Foto: youtube.com
Deden Sudjana

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Waktu sudah bergulir sebulan lebih sejak bentrok warga Cikeusik dan Ahmadiyah pecah. Namun demikian, rencana pemeriksaan terhadap Deden Sudjana yang memimpin rombongan Ahmadiyah dari Jakarta ke Cikeusik itu tidak kunjung jelas. Polri pun lempar tangan atas pemeriksaan tersebut.

"Tanya ke Polda Banten dong kapan Deden diperiksa," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Kombes Boy Rafli Amar, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (18/3).

Boy mengatakan pemeriksaan terhadap Deden menjadi wewenang Polda Banten. Pemeriksaannya bukan wewenang penyidik dari Bareskrim Polri. Boy pun mengaku belum mengetahui jadwal pemeriksaan terhadap Deden yang juga menjabat sebagai kepala keamanan nasional Jamaah Ahmadiyah Indonesia (JAI) itu.

Kondisi tersebut berbeda sekali dengan tersangka yang berasal dari warga Cikeusik. Pemeriksaan terhadap 12 tersangka yang berasal dari warga Cikeusik, Banten, ditangani langsung oleh Bareskrim Polri. Berkas perkara 12 tersangka itu pun sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Banten.

"Nanti, saya tanyakan kapan Deden akan diperiksa," ujar Boy.

Deden Sudjana merupakan satu dari 13 tersangka yang ditetapkan penyidik Bareskrim Polri. Deden juga satu-satunya tersangka yang berasal dari kelompok Ahmadiyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement