Rabu 23 Feb 2011 11:21 WIB

Tiga Berkas Kasus Cikeusik Dilimpahkan

Mobil habis terbakar usai kerusukan Ahmadiyah di Cikeusik, Banten.
Foto: Antara
Mobil habis terbakar usai kerusukan Ahmadiyah di Cikeusik, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID,SERANG - Tiga berkas perkara kasus bentrokan antara warga Cikeusik dengan jamaah Ahmadiyah di Desa Umbulan Cikeusik, Pandeglang, dilimpahkan tim penyidik Polda Banten ke Kejaksaan Tinggi Banten. Kepala Bidang Humas Polda Banten, AKBP Gunawan, di Serang, Rabu (23/2), mengatakan tahap pertama pelimpahan berkas kasus Cikeusik sebanyak tiga berkas perkara. Yakni satu berkas perkara pada Senin (21/2) atas nama tersangka M dan dua berkas perkara dilimpahkan pada Selasa (22/2) atas nama tersangka tersangka E dan Uj.

"Hari ini (Rabu, 23/2) dua berkas perkara kembali akan dilimpahkan atas nama tersangka KHM dan YA," kata Gunawan.

Sementara jumlah saksi yang sudah diperiksa dalam kasus tersebut hingga Rabu (23/2) sebanyak 103 orang. Para saksi terdiri dari pihak warga, aparat kepolisian dan pihak jamaah Ahmadiyah.

Tim penyidik Mabes Polri, Polda Banten dan Polres Pandeglang sebelumnya sudah menetapkan sembilan tersangka kasus bentrokan antara warga dengan jamaah Ahmadiyah di Desa Umbulan, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Ahad (6/2). Sembilan orang tersangka yang sudah ditetapkan dan ditahan di Mapolda Banten antara lain tujuh orang tersangka yang ditahan sebelumnya UJ (20) warga Desa Umbulan Cikeusik; YA (22) warga Kecamatan Cibaliung; E alias KE (30); KHM warga Cikeusik; M warga Cikeusik; dan S warga Cibaliung dan KHU.

Sedangkan dua oang tersangka lain yakni I warga Pandeglang dan AD yang juga warga Pandeglang. "Para tersangka dikenakan pasal 160 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 6 sampai 12 tahun dan pasal 170 KUHP maksimal ancaman hukuman 8 sampai 10 tahun," kata AKBP Gunawan.

Kasus bentrokan antara warga dengan jamaah Ahmadiyah di Desa Umbulan Cikeusik mengakibatkan tiga orang meninggal dunia dan enam lainnya luka-luka. Selain itu, bentrokan tersebut juga mengakibatkan satu unit rumah rusak dan dua kendaraan roda dua dan dua kendaraan roda empat hangus dibakar.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement