Rabu 16 Feb 2011 18:06 WIB

Kuntoro Yakin Gayus Masih Miliki Harta Lain

Rep: Yasmina Hasni/ Red: Djibril Muhammad
Kuntoro Mangkusubroto
Kuntoro Mangkusubroto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum Kuntoro Mangkusubroto meyakini bahwa terpidana kasus penggelapan pajak Gayus Tambunan masih memiliki harta lain, dari yang sudah diketahui saat ini. Harta itu termasuk juga dalam bentuk valuta asing, yang saat ini diperkirakan disimpan di luar negeri.

Pasalnya, hingga kini satgas pun hanya mengetahui jumlah harta Gayus yang berada di safe deposit box. "Yang lainnya saya yakin ada, dan sedang diselidiki PPATK. Angka belum pasti, saya kira lebih banyak," ujar Kuntoro di kantor Satgas, Rabu (16/2).

Sayangnya, ia menambahkan, hingga saat ini aparat belum mengetahui secara pasti jumlah total harta yang dimiliki Gayus tersebut. Kuntoro sendiri memang ditugaskan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mendampingi Wapres Boediono mengawasi kasus Gayus berdasarkan Instruksi Presiden no 1 tahun 2011.

Hingga saat ini, Presiden telah mendapat sejumlah laporan perkembangan kasus Gayus. "Terakhir itu sepuluh hari yang lalu," ucap Kuntoro. Karenanya, Kuntoro menambahkan, selain menyelidiki jumlah total harta Gayus, hingga saat ini PPATK pun masih melakukan penelusuran harta Gayus yang dikabarkan ada di sejumlah negara, seperti Singapura, Amerika Serikat, Malaysia, dan Macau.

Namun hingga saat ini informasi yang diminta PPATK belum ditemukan di database rekan PPATK di Singapura, Amerika Serikat, dan Macau. "Counterpart (rekan) PPATK meminta informasi yang lebih detail mengenai bank notes tersebut. Misalnya jumlah uang, denominasi, dan nomor serial. Informasi ini diharapkan membantu pencarian informasi yang diminta," kata Kuntoro.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement