Jumat 11 Feb 2011 22:30 WIB

Dandim 0706 Temanggung Ikut Dicopot

Rep: M As’adi/ Red: Didi Purwadi
Polisi berlindung dari lemparan masa di depan PN Temanggung saat terjadi kerusuhan pada sidang vonis kasus penistaan agama, Selasa (8/2).
Foto: Antara
Polisi berlindung dari lemparan masa di depan PN Temanggung saat terjadi kerusuhan pada sidang vonis kasus penistaan agama, Selasa (8/2).

REPUBLIKA.CO.ID,TEMANGGUNG - Meski ditegaskan tidak ada kaitannya dengan pengamanan kerusuhan di Kota Temanggung pada Selasa (8/11) lalu, Dandim 0706, Letkol Kav Asep Ridwan, juga dicopot dan digantikan oleh Letkol Inf Zainudin. Kepala Kepolisian Resor Temanggung, AKBP Anthony Agustinus Koylal, sebelumnya secara mendadak sudah lebih dulu dicopot dan digantikan oleh AKBP Kukuh Kalis pada Jumat (11/2).

Pencopotan Dandim 0706 Temanggung sangat mengejutkan karena terjadi beberapa jam setelah pencopotan Kapolres Temanggung. Sertijab dilpimpin langsung oleh Danrem 072 Pamungkas, Kolonel Kav Sumedy, pada Jumat (11/2) malam. Letkol Kav Asep Ridwan digantikan Letkol Inf Zainudin yang sebelumnya menjabat sebagai Pambandyalatsopos di Kodam IV Diponegoro.

“Pergantian ini merupakan upaya penyegaran dalam tubuh TNI dan kebutuhan organsisasi,” jelas Sumedy.

Dalam kesempatan itu, Sumedy menyerahkan penghargaan kepada personel TNI yang berhasil menyelamatkan seorang romo dari gereja Santa Petrus dan Paulus Temanggung dari amukan massa. Kedua personel TNI tersebut adalah Serma Agus Ahmadi dan Kopka Kusdiyono dari Babinsa Ramil 01 Temanggung.

Keduanya bertugas di Gereja Santo Petrus dan Paulus Temanggung bersama aparat kepolisian. Ketika kerusuhan meletus, keduanya berhasil menyelamatkan Romo Sadana dari amukan massa yang membabi-buta.

Sedangkan Serda Karnadi dan Kopka Arifin, yang juga dari Ramil 01 Temanggung, adalah korban kerusuhan. Kendaraan kedua personel TNI ini dibakar massa saat bertugas mengamankan Gereja Pantekosta. “Kami mengganti kendaraan mereka sebagai rasa terima kasih kami atas kinerja mereka,” kata Sumedy.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement