Jumat 04 Feb 2011 20:12 WIB

Sudah Sepekan, Jumlah Korban Hilang KMP Laut Teduh II Masih Misterius

Rep: Muhammad Fakhruddin/ Red: Siwi Tri Puji B
Kapal Roro yang terbakar
Foto: Antara
Kapal Roro yang terbakar

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON--Sepekan pascamusibah terbakarnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Laut Teduh II, korban yang ditemukan tewas terus bertambah. Hari ini,  Tim Search And Rescue (SAR) kembali menemukan dua korban  di dalam kapal.

Dengan demikian, jumlah korban tewas menjadi 30 orang. Meski jumlah korban yang ditemukan terus bertambah, namun tidak diketahui secara pasti berapa sebenarnya jumlah penumpang kapal tersebut. "Saya minta Administrator Pelabuhan Banten membuka manifes yang sebenarnya," kata Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Josef Umar Hadi, Jumat (4/2).

Umar menyesalkan tidak adanya catatan pasti berapa jumlah penumpang kapal yang sebenarnya. Akibatnya, jumlah korban yang sebenarnya hilang hingga kini masih misterius. Hingga kini terdapat 48 keluarga yang merasa kehilangan anggota keluarganya dalam kejadian tersebut.

Administrator Pelabuhan Merak hanya mencatat 34 penumpang pejalan kaki yang ikut dalam kapal tersebut dan 93 unit kendaraan berbagai jenis. Namun jumlah penumpang yang selamat ternyata mencapai 427 orang.

Penyebab tidak jelasnya jumlah penumpang diduga karena penumpang yang masuk kapal secara kolektif, seperti penumpang bus, tidak pernah didata. Pihak PT Indonesia Ferry Cabang Utama Merak hanya mewajibkan sopir bus membayar tarif tiket yang ditentukan tanpa melihat berapa jumlah penumpang. "Kedepan pola seperti ini harus dirubah. Sehingga jumlah penumpang yang sebenarnya bisa diketahui apabila terjadi kecelakaan," kata Umar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement