Jumat 07 Jan 2011 19:00 WIB

KPK: Ada Indikasi Korupsi Dana Pembinaan Sepak Bola

Rep: M Hafil/ Red: Stevy Maradona
M Jasin
M Jasin

REPUBLIKA.CO.ID, KPK Telusuri Duit Negara yang Mengalir ke PSSI

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membidik pengelolaan keungan negara untuk pembinaan olahraga. Salah satu yang menjadi priositas adalah pemeriksaan keuangan negara yang digunakan untuk kegiatan dan pembinaan sepak bola.

Menurut Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan,  pemeriksaan terhadap pengelolaan  keuangan pembinaan olahraga akan menjadi prioritas pada semester pertama tahun 2011. Karena, hampir seluruh kegiatan dan pembinaan olahraga berasal dari dana APBN dan APBD.

“Pemeriksaan itu bertujuan supaya  uang pembinaan untuk olahraga maksimal,” kata Jasin di kantornya, Kamis (6/1). Jasin mencontohkan, dana APBN  yang diperuntukkan bagi pembinaan PSSI dan sebagian  klub sepak bola yang bernaung di bawah PSSI yang menggunakan dana APBD  tidak jelas penggunaannya.

Hal tersebut diindikasikan dengan tidak jelasnya laporan mengenai  penggunaan dana tersebut. Padahal dana untuk pembinaan sepak bola tersebut nilainya mencapai ratusan miliar. “Kalau sudah seperti itu maka diindikasikan ada tindak pidana korupsi pada penggunaan dana tersebut,” kata Jasin.

Sebelumnya,   Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (4/1), resmi mengirimkan surat panggilan kepada PSSI. KPK meminta PSSI untuk memberikan klarifikasi terkait dugaan pembagian tiket gratis kepada sejumlah pejabat untuk menonton pertandingan Piala AFF 2010 di Stadion Gelora Bung Karno. Surat itu sendiri dialamatkan kepada Sekretaris Jendral PSSI, Nugraha Besoes. . (Muhammad Hafil)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement