Jumat 31 Dec 2010 22:47 WIB
Jelang Pergantian Tahun

Liburan Akhir Tahun? Ke Makam Bung Karno yuk!

Bung Karno-Fatmawati bersepeda
Foto: blogspot
Bung Karno-Fatmawati bersepeda

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR--Musim liburan dimanfaatkan para pengagum Bung Karno untuk berziarah ke Makam Proklamator Indonesia itu. Ribuan warga memadati lokasi perpustakaan Bung Karno di Blitar, Jawa Timur.

Siti Muntamah (16), salah seorang pengunjung dari Jawa Tengah, mengaku sengaja datang ke Blitar untuk melihat langsung lokasi makam serta berkunjung ke perpustakaan di tempat ini.

Ia juga mengaku, kagum dengan Bung Karno. Sebagai Presiden, ia cukup disegani, bahkan mendapat julukan "Macan Asia". Untuk itu, dengan datang ke lokasi makam ini, ia ingin meneladani sifat-sifat Bung Karno.

Begitu juga dengan yang diungkapkan oleh Bayu (14), pengunjung asal Kediri. Ia justru datang bersama teman-temannya untuk liburan sambil belajar di perpustakaan Bung Karno ini.

"Karena sekolah libur, jadinya main ke makam, sekalian bisa melihat lihat buku di perpustakaan Bung Karno ini," ujarnya.

Selain berkunjung ke perpustakaan Bung Karno, para pengunjung yang rata-rata pelajar ini juga mengunjungi museum dan areal makam. Di museum ini tersedia foto-foto semasa hidup serta Bendera Merah Putih yang dijahit sendiri oleh Ibu Fatmawati.

Di tempat ini, juga terdapat uang bergambar Bung Karno, dan buku -buku yang koleksinya yang jumlahnya mencapai 100 buku. Di perpustakaan Bung Karno sendiri, jumlah koleksi buku mencapai lebih dari 5.000 buku dengan berbagai judul.

Juru kunci makam Bung Karno, Suwanto mengatakan, memasuki musim liburan sekolah dan pergantian tahun seperti ini jumlah pengunjung makam biasanya meningkat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement