Jumat 24 Dec 2010 21:45 WIB

Penumpang Domestik Padati Bandara Soeta

Rep: C25/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG – Bandara Soekarno-Hatta , Jumat (24/12), mulai dipadati penumpang yang memanfaatkan libur natal.  Kepadatan penumpang terjadi di terminal penerbangan domestik.

Berdasarkan pantauan Republika, kepadatan penumpang di terminal 1  terjadi mulai pukul 04.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB.  Para penumpang yang jumlahnya mencapai ribuan orang itu harus hrela mengantri di depan pintu boarding pass.

“Gak apa-apalah, yang penting bisa memanfaatkan libur natal pergi ke tempat wisata di Bali bersama keluarga,” ujar Nathan, salah seorang penumpang maskapai swasta kepada Republika.

Nathan mengatakan, ia berangkat bersama keluarganya dari rumahnya di Bogor pada pukul 04.00 WIB. Ia harus tiba di bandara untuk melakukan chek-in pada pukul 07.00 WIB. Sedangakan pesawatnya sendiri dijadwalkan take off pada pukul 08.00 WIB.

Abnan Hanafi, Koordinator Posko Natal 2010 Bandara Soekarno-Hatta mengatakan, untuk mencegah tumpukkan dan antrian penumpang di depan pintu boarding pass, pihaknya menambah loket chek in.

“Kalau hari biasa sih kita hanya menggunakan tiga loket, tapi khusus untuk libur natal dan tahun baru kita tambah menjadi empat loket,” ujar Abnan kepada Republika.

Menurutnya, dengan cara seperti itu pihaknya bisa mengantisipasi tumpukkan penumpang yang terus meningkat. Dibanding libur natal tahun lalu, lanjut Abnan, jumlah penumpang pada H-1 natal meningkat.

Menurutnya, pada pukul 04.00 WIB hingga 10.00 WIB, merupakan waktu tersibuk di bandara. Tumpukkan penumpang terjadi di waktu tersebut. Kemudian, kepadatan penumpang akan kembali terjadi pada pukul 15.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement