Jumat 03 Dec 2010 09:01 WIB

Presiden: Tuntaskan Pengangkatan Guru Bantu

Rep: ikh/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan Menteri Pendidikan Nasional M Nuh dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara EE Mangindaan untuk menuntaskan pengangkatan para guru bantu menjadi Pegawai Negeri Sipil. Pengangkatan itu, kata Presiden, harus sesuai dengan tahapannya.

"Tuntaskan pengangkatan guru bantu menjadi PNS sesuai tahapannya. Pastikan pemerintah mempunyai jumlah PNS sesuai dengan kebutuhan untuk mencapai format ideal PNS," kata Presiden dalam acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional 2010 dan HUT ke-65 Persatuan Guru Republik Indonesia di Tenis Indoor Senayan, Kamis (2/12).

Presiden mengatakan, proses sertifikasi merupakan hal penting untuk meningkatkan kualitas guru di Indonesia. "Namun, jangan jadikan sertifikat untuk mendapat tunjangan sertifikasi semata," kata Presiden. Tunjangan memang penting, namun peningkatan kualitas guru jauh lebih penting lagi.

Presiden mengatakan, pendidikan bermutu berperan dalam menciptakan sumber daya manusia berkualitas, tangguh, dan kreatif. "Pendidikan bermutu hanya dapat kita raih jika kita memilki guru yang bermutu pula, profesional, dan sejahtera," ujarnya. Presiden mengatakan, guru harus mampu menyiapkan generasi muda memiliki kecerdasan sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement