Rabu 01 Dec 2010 06:57 WIB

Syafii Maarif dan Frans Magnis Terima Habibie Award 2010

Franz Magnis Suseno
Foto: PRIMAONLINE
Franz Magnis Suseno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua PP Muhammadiyah periode 2000-2005 Ahmad Syafii Maarif menjadi salah seorang dari empat penerima penghargaan Habibie Award dalam bidang harmonisasi kehidupan beragama. Selain dia, agamawan Katholik Frans Magnis Soeseno juga menerima penghargaan serupa.

Ketua Dewan Pengurus Yayasan The Habibie Center, Ahmad Watik Pratiknya mengatakan pada saat ini kultur intoleransi dan konflik kekerasan tengah mengancam penegakan hak asasi manusia di Indonesia. Serangkaian konflik kekerasan terbuka di sejumlah wilayah di Indonesia telah mendatangkan kerugian material maupun non material.

"Persoalan konflik kekerasan ini telah mengantarkan kita semua pada sebuah persoalan besar yakni memudarnya kepercayaan di antara sesama anak bangsa," katanya.

Karena itu, The Habibie Center mencoba mengangkat tema tersebut dengan tujuan mendorong tumbuhnya kembali kesadaran di dalam diri bangsa. "Bangsa ini perlu diingatkan bahwa nilai-nilai kebersamaan, saling menghormati dan toleransi harus kembali menjadi kiblat utama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," katanya.

Selain dua tokoh nasional itu, penerima penghargaan lainnya adalah Eniya Listiani Dewi yang memperoleh penghargaan dalam bidang ilmu rekayasa dan Adrian Bernard Lapian dalam bidang ilmu kebudayaan.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement