Rabu 17 Nov 2010 19:32 WIB

Presiden SBY dan Menkokesra Kurban Sapi bagi Pengungsi Merapi

Rep: Indah Wulandari/ Red: Endro Yuwanto
Presiden SBY
Presiden SBY

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Para pejabat negara berbagi kebahagiaan dalam peringatan Idul Adha 1431 Hijriah di pengungsian Stadion Maguwoharjo. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Menkokesra Agung Laksono, dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, turut berkurban.

Tercatat oleh panitia kurban di Maguwoharjo, Presiden SBY berkurban dua ekor sapi. Begitu pula Agung Laksono. Sedangkan Sri Sultan menyerahkan satu ekor sapi. Turut pula menyerahkan hewan kurban, berbagai instansi pemerintah dan layanan zakat Dompet Dhuafa. Totalnya, ada 22 ekor sapi dan 30 ekor kambing yang akan disembelih di Stadion Maguwoharjo.

Shalat Ied di Stadion Maguwoharjo dimulai pukul 07.00 WIB. Imam sekaligus khotibnya adalah Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof Amin Abdullah. Hadir pula Gubernur DIY. Doa bagi korban Merapi, Mentawai, dan Wasior pun ikut dikumandangkan oleh sekitar 1000 orang jamaah.

"Para pengungsi dari lereng Merapi adalah peternak, petani, dan pahlawan," ujar Amin dalam khotbahnya, Rabu (17/11). Ia pun menyebutkan, nilai kemanusiaan dari ibadah kurban pun ditunjukkan dengan keikhlasan dan solidaritas para relawan, pemberi bantuan, serta media.

"Saat ini diperlukan juga komunikator yang baik pascabencana Merapi.''

Rencananya, daging kurban tadi akan dibagikan bagi para pengungsi di stadion hingga sehari mendatang. Jumlah pengungsi di stadion kebanggaan Kabupaten Sleman itu saat ini diperkirakan mencapai 53.251 orang. Sebagian besar mereka berasal dari Kecamatan Pakem dan Cangkringan, sedangkan lainnya berasal dari Kecamatan Ngemplak, Turi, dan lain-lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement